Tuesday, November 17, 2009

Setiap hari adalah Perang!


Bahan bacaan : Nehemia 3-4

Nehemia mencoba membangun kembali tembok Yerusalem yang telah dirubuhkan oleh tentara Babel. Ia memiliki kesempatan itu karena Tuhan yang memberikannya. namun, ada beberapa orang yang tidak senang akan pembangunan ini.

Ada 3 poin di sini yang paralel dengan hidup murid Yesus, yaitu:
Pertama. Hidup menjadi murid Yesus adalah seumpama membangun. Hal ini pernah dikhotbahkan pdt. Charles di jemaat Bandung.

Lukas 14:28-30
14:28 Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?
14:29 Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia,
14:30 sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya.

Ayat di atas pasti mengingatkan kita saat counting the cost bukan? pertanyaannya adalah apakah kita masih membangun? Membangun dalam artian melakukan firman Tuhan setiap hari, keluar dari keegoisan kita, semangat mengasihi orang lain, semangat menjalani perkuliahan dan melakukan yang terbaik, semangat memberi dan mengajar orang lain Alkitab, berbuah, dan lain - lain. Apakah saya masih membangun? apa indikatornya? Karakter. Apakah karakter kita semakin mirip Tuhan Yesus Kristus? coba tanya dirimu...

Kedua. Hidup murid adalah keputusan yang kita buat setelah kita tahu dan percaya bahwa semuanya adalah kasih karunia. Kita diselamatkan karena kasih karunia. Itu adalah pemberian Allah.
Efesus 2:8-9
2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Jangan ada orang yang memegahkan dirinya. kita tidak boleh merasa self righteous. Hidup murid adalah hidup yang diberikan Tuhan melalui pengorbanan Anak-Nya yang tunggal, Yesus Kristus. jangan kita merasa kita hebat dan menjalani hidup murid kita dengan kekuatan kita sendiri. Contohnya: kita tidak lagi saat teduh. hidup doa kita bagaimana? adakah kita meng-impact seperti Yesus meng-impact?

Ketiga. hidup murid Yesus tidak akan mudah. seperti pembangunan tembok Yerusalem yang dihalang-halangi oleh Sanbalat, TObia, dan Gesyem.

4:7. Ketika Sanbalat dan Tobia serta orang Arab dan orang Amon dan orang Asdod mendengar, bahwa pekerjaan perbaikan tembok Yerusalem maju dan bahwa lobang-lobang tembok mulai tertutup, maka sangat marahlah mereka.
4:8 Mereka semua mengadakan persepakatan bersama untuk memerangi Yerusalem dan mengadakan kekacauan di sana.

Taukah kamu bahwa setiap hari dalam menjalani hidup murid adalah peperangan rohani? Iblis tidak akan senang dengan kita. ia akan mencoba menjatuhkan kita. ia akan mencoba meruntuhkan kembali tembok, bangunan yang kita buat dalam hidup murid kita. Ia akan mencoba merusak karakter kita yang ingin bertumbuh. ia ingin merusak kehidupan kerohanian dan jasmani kita. bagaimana caranya kita mengalahkan iblis?
Yeremia 4:9, 16-17, 22-23
4:9 Tetapi kami berdoa kepada Allah kami, dan mengadakan penjagaan terhadap mereka siang dan malam karena sikap mereka.
4:16. Sejak hari itu sebagian dari pada anak buahku melakukan pekerjaan, dan sebagian yang lain memegang tombak, perisai dan panah dan mengenakan baju zirah, sedang para pemimpin berdiri di belakang segenap kaum Yehuda
4:17 yang membangun di tembok. Orang-orang yang memikul dan mengangkut melakukan pekerjaannya dengan satu tangan dan dengan tangan yang lain mereka memegang senjata.
4:22 Pada waktu itu juga aku berikan perintah kepada rakyat: "Setiap orang dengan anak buahnya harus bermalam di Yerusalem, supaya mereka mengadakan penjagaan bagi kami pada malam hari, dan melakukan pekerjaannya pada siang hari."
4:23 Demikianlah aku sendiri, saudara-saudaraku, anak buahku dan para penjaga yang mengikut aku, kami semua tidak sempat menanggalkan pakaian kami. Setiap orang memegang senjata dengan tangan kanan.

Apa yang kita belajar? BERJAGA - JAGA SENANTIASA! KENAKAN PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH SETIAP HARI! that's the only way to stand over the evil everyday!

Ok. SEMANGAT BUAT MURID YESUS!

Author : Yohannes Affandy Siregar
About him : Brother ini adalah salah satu brother yang menjadi sukacita kampus Bandung. Dia juga adalah PDG Campus Leader di Bandung. Dia sekarang kuliah di Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung. Dia sangat gemar belajar (^^) dan bersahabat sama orang lain.

No comments: