Thursday, March 26, 2009

Tuhan memilihmu seperti memilih Lewi


Yosua 10 - 13

Yosua merebut seluruh tanah kanaan dan membagi – bagikan tanah pusaka kepada suku – suku Israel. Setiap suku yang 12 itu kebagian milik pusaka. Namun, yang menarik adalah bahwa suku Lewi tidak mendapat milik pusaka berupa tanah. Milik pusaka mereka adalah Tuhan, Allah Israel. Bagaimana mungkin Tuhan mau diri – Nya menjadi kepunyaan suatu suku atau kelompok manusia? Apa maksud Tuhan di sini ya? Kenapa Tuhan mempercayakan diri – Nya untuk menjadi milik pusaka suku Lewi.

Kejadian 49 : 5-7
49:5. Simeon dan Lewi bersaudara; senjata mereka ialah alat kekerasan.
49:6 Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat keting lembu.
49:7 Terkutuklah kemarahan mereka, sebab amarahnya keras, terkutuklah keberangan mereka, sebab berangnya bengis. Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel.

Suku Lewi berasal dari Lewi anak Israel, dan pada saat Israel memberkati anak – anaknya, ia tidak memberkati Lewi secara spesifik. Lewi dan Simeon malah seperti tidak mendapat sesuatu berkat pun dari Israel. Sebagai orang yang bertanggung jawab atas kematian suatu bangsa, Lewi dan Simeon tidak mendapat berkat yang spesifik, bahkan terkesan dikutuk.

Namun, di sinilah poinnya. Tuhan yang memilih dan Tuhan yang berjanji.

Yosua 13:33 Tetapi kepada suku Lewi Musa tidak memberikan milik pusaka: TUHAN, Allah Israel, Dialah yang menjadi milik pusaka mereka, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka.

Tuhan yang mengatakan langsung akan menjadi milik pusaka Lewi. Walaupun Yakub tidak memberkati Lewi, tapi Tuhan mau. Tuhan memiliki kuasa lebih daripada manusia. Tuhan memang mendengarkan setiap berkat yang diucapkan orang yang dipilih - Nya seperti Yehuda yang akan terus menjadi pemimpin suku2 Israel dan menjadi suku terbesar, itu Tuhan genapi. Tapi, ada satu hal lagi di sini: Kasih Karunia. Yup, Lewi mendapat kasih karunia dari Tuhan untuk menjadikan Tuhan milik pusaka mereka. Lewi dilayakkan Tuhan untuk melayani Dia.

Ini adalah gambaran kasih Tuhan kepada manusia. Kepada kita yang bukan keturunan Abraham secara langsung. Tuhan membuktikan bahwa tidak hanya keturunan yang terpilih yang dipilih. Tuhan mencintai semua manusia. Tapi kenapa pada saat Israel mencari tanah pusaka Tuhan mau semua bangsa yang ada di tanah kanaan saat itu ditumpas dan tidak diselamatkan? Mungkin sekali ini karena mereka sudah rusak lakunya. Tuhan ga melihat lagi kebenaran di antara bangsa2 yang ditumpas itu. Tuhan memakai bangsa Israel untuk membawa keselamatan dan kebenaran. Akhirnya dari Israel datang Juruselamat, Yesus. Amen.

Author : Yohannes Affandy Siregar
About him : Brother ini adalah salah satu brother yang menjadi sukacita kampus Bandung. Dia juga adalah PDG Campus Leader di Bandung. Dia sekarang kuliah di Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung. Dia sangat gemar belajar (^^) dan bersahabat sama orang lain.

No comments: