Tuesday, September 13, 2011

Hidup adalah Pilihanmu

Original Author: Roger Lamb
Maka saya memberitahukan kepadamu pada hari ini, bahwa pastilah kamu akan binasa; tidak akan lanjut umurmu di tanah, ke mana engkau pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya. Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu, dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Ysayab, untuk memberikannya kepada mereka."
Ulangan 30:18-20
Saya membaca sebuah artikel baru-baru ini yang menjelaskan bagaimana beberapa orang dapat lebih ceria dan optimis karena genetika. Itu mungkin benar tapi jauh lebih banyak orang memilih untuk menjadi seperti itu - dengan iman.

John adalah tipe pria yang mungkin anda lebih suka benci. Dia selalu dalam suasana hati yang baik dan selalu memiliki sesuatu yang positif untuk dikatakan. Ketika seseorang bertanya bagaimana dia melakukannya, dia akan menjawab, “Jika saya lebih baik, saya berarti memiliki kembaran!”

Dia adalah seorang motivator alami.

Jika seorang karyawan sedang mengalami hari yang buruk, John ada di sana, memberitahu karyawan tersebut bagaimana melihat sisi positif dari situasi.

Melihat gayanya tersebut benar-benar membuatku penasaran, jadi suatu hari saya pergi dan bertanya padanya, “Saya tidak mengerti! Anda tidak mungkin menjadi orang yang positif sepanjang waktu kan? Bagaimana Anda melakukannya? "

Dia menjawab, "Tiap pagi saya bangun dan berkata pada diriku, Anda memiliki dua pilihan hari ini: Anda dapat memilih untuk berada dalam mood yang baik atau ... Anda dapat memilih untuk berada dalam mood yang buruk. Saya memilih untuk berada dalam mood yang baik. "

“Tiap kali sesuatu terjadi, saya dapat memilih untuk menjadi korban atau ... saya dapat memilih untuk belajar dari itu. Saya memilih untuk belajar dari itu.”

“Setiap kali seseorang datang kepada saya untuk mengeluh, saya bisa memilih untuk menerima keluhan mereka atau ... Saya bisa menunjukkan sisi positif dari kehidupan. Saya selalu memilih sisi positif dari kehidupan.”
“Yeah, benar, tapi itu tidak mudah, “ saya memprotes.
"Ya, itu dia," katanya. “Hidup adalah tentang pilihan. Ketika Anda membuang semua hal yang tidak penting, sebenarnya setiap situasi adalah sebuah pilihan. Anda memilih bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi. Anda memilih bagaimana orang lain mempengaruhi suasana hati Anda. Anda memilih untuk berada dalam mood yang baik atau bad mood. Intinya: Itu adalah pilihanmu, bagaimana kamu menghidupi hidupmu.”
Saya merenungkan apa yang dikatakannya. Tak lama kemudian, saya meninggalkan Industri Menara untuk memulai bisnis saya sendiri. Kami kehilangan kontak, tapi saya sering mengingatnya ketika saya membuat pilihan dalam hidup saya dan bukannya reaktif dengan itu.

Beberapa tahun kemudian, saya mendengar bahwa ia terlibat dalam sebuah kecelakaan serius, terjatuh sekitar 60 meter dari sebuah menara komunikasi. Setelah 18 jam operasi dan seminggu perawatan intensif, ia keluar dari rumah sakit dengan besi sebagai penyangga punggungnya.

Saya melihatnya sekitar enam bulan setelah kecelakaan. Ketika saya bertanya bagaimana keadaannya, ia menjawab, "Jika saya lebih baik, saya mungkin memiliki kembaran. Mau melihat bekas luka saya?"

Saya menolak untuk melihat luka-lukanya, tetapi saya bertanya-tanya apa yang dia pikirkan saat kecelakaan terjadi.

"Hal pertama yang terlintas dalam pikiran saya adalah kesejahteraan putri saya yang akan segera lahir," jawabnya. "Lalu, saat saya berbaring di tanah, saya ingat bahwa saya punya dua pilihan: saya bisa memilih untuk hidup atau ... saya bisa memilih untuk mati. Saya memilih untuk hidup.”

"Apakah kamu tidak takut? Apakah kamu kehilangan kesadaran? " Saya bertanya.

Ia melanjutkan, ".. paramedis bekerja sangat baik waktu itu.”

Mereka terus berkata bahwa saya akan baik-baik saja. Tapi saat mereka mendorongku ke ruang gawat darurat, saya melihat ekspresi wajah para dokter dan suster dan itu membuat saya takut. Di mata mereka, saya membaca "Dia akan mati”. Saya tahu saya harus mengambil tindakan. "

"Apa yang kaulakukan?" Saya bertanya.

"Yah, ada seorang perawat bertubuh besar meneriakkan pertanyaan pada saya," kata John. Dia bertanya apakah saya punya alergi. “Ya,” saya menjawab. "Para dokter dan perawat berhenti bekerja dan mereka menunggu jawabanku. Saya menarik napas dalam-dalam dan berteriak, “Gravitasi!!” Mereka langsung tertawa terbahak-bahak.

Ditengah tawa mereka, saya katakan, “Saya memilih untuk hidup. Operasilah saya seperti saya orang hidup, dan bukan mati.”

Dia hidup, berkat keahlian para dokter, tetapi juga karena sikap hidupnya yang mengagumkan. Saya belajar darinya bahwa tiap hari kita memiliki pilihan untuk hidup sepenuhnya.

Pada akhirnya, sikap, adalah segalanya.
Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."
Matius 6:34
Sebenarnya, hari ini adalah adalah hari esok yang kamu khawatirkan kemarin, kan?

No comments: